Sunday, November 4, 2012

Masuk Daging Keluar Kepala Orang

Di Jawa ada seorang Kiai yang sangat di segani di daerahnya, dia memiliki beberapa anak lelaki, salah satunya baru lulus SMU, setelah SMU sang Kiai ingin anaknya sekolah ke Amerika, karena dia mendengar negara adidaya itu adalah negara yang telah maju dalam dunia pendidikan dan Teknologi. Maka dikirimkanlah anaknya itu untuk sekolah di salah satu universiti terkenal disana.
 
Setelah menghabiskan dan menyelesaikan masa studinya disana selama kurang lebih lima tahun, sang anak tersebut pulanglah kembali ke kampung asal orang tuanya. Sebagai orang tua yang bangga akan anaknya yang lulusan Luar Negeri, pak Kiai lalu mengumumkan ke balai desa Kelurahan dengan disaksikan oleh banyak warga yang berdatangan, karena pak Kiai sekaligus mengadakan acara syukuran atas kedatangan dan kelulusan anaknya itu.
 
Setelah memberi sambutan pembukaan dan muqadimah, maka pak Kiai mempersilahkan anaknya untuk menceritakan kondisi dan situasi di Amerika saat ini. Kemudian sang anak berpidato di balai kelurahan.
"Saudara-saudara, perlu saudara ketahui bahwa Amerika Serikat adalah negeri yang sangat canggih, salah satu kecanggihan disana yang paling saya kagumi adalah bagaimana seekor sapi yang dimasukkan kedalam mesin, maka dari mesin itu akan mengeluarkan daging giling yang sudah dikemas dalam kaleng. Demikianlah salah satu kehebatan negeri adidaya tersebut."
 
Setelah berpidato singkat, maka kemudian sang anak mengakhirinya dengan salam. Kemudian semua hadirin bertepuk tangan dan terheran-heran. Pak Kiai yang mendengarnya pun merasa bangga.
 
Dilain tempat yang masih dalam satu kecamatan, pak Kiai tidak ketinggalan pula mengajak anaknya untuk menceritakan kecanggihan negeri adidaya tersebut. Dan kembali pula anaknya menceritakan tentang penggilingan daging yang berasal dari sapi hidung tersebut. Dari beberapa tempat selalu itu saja yang diceritakan anaknya, bukan hal yang lain. Lalu kemudian pak Kiai mengatakan kepada anaknya.
 
"Owh, cuma itu saja ya kehebatan Amerika itu, masuk sapi hidup keluar daging kalengan. Ketahuilah anakku, disini itu lebih hebat dari Amerika sana. (sambil menunjukkan mimik kekecewaan) Disini nih, dimasukkan daging, yang keluar kepalamu itu."
 
(dinukil dari cerita humor Gus Dur)

No comments: