Thursday, November 10, 2011

Mengapa jadi gak ada ide ya?

Menulis adalah sebuah seni dari otak kita yang menggambarkan imajinasi
seseorang akan suatu kejadian atau peristiwa, baik yang berkesan atau tidak dalam hidupnya. Menulis juga dibutuhkan skil dan keahlian khusus, terutama menulis ilmiah. Tentulah menulis jenis ini sangat tergantung kepada teori dan metode tertentu, dan bukan merupakan menulis sastra.


Menulis sastra atau seni itulah inti dari tulisan ini. Dimana seni adalah menyangkut rasa seseorang. Rasa seseorang tergantung kepada mood atau konsentrasi dia saat itu. Bila mood itu ada, maka seseorang itu bisa menuliskan banyak sesuatu yang menghinggapi pikirannya. Bila tidak, maka walau dipaksa beribu kalipun, maka tulisan apa pun tidak akan
keluar dari otaknya.


Beginilah pola atau ritme seorang penulis yang terjadi pada penulis saat ini. Dianya tergantung moodnya. Mood bisa diperoleh dengan mengamati sesuatu, atau bisa jadi di saat tidak mood, itulah mood untuk menulis hal-hal negatif tentang dirinya, bahkan tentang orang lain. Bahkan
seorang penulis akan menuliskan kemarahan yang ada di dalam hatinya ke dalam bentuk tulisan. Emosi itu bisa menyentuh tetapi bisa juga membuat orang lain juga merasakan keamarahannya. 


Lihatlah seorang penyair, apa yang dituliskan adalah gambaran kegelisahan jiwanya dan apa yang dia ekspresikan adalah apa yang ada di alam fikiran dan hatinya saat itu.
Menulis sebuah cerpen nih sama juga menulis syair, lagu atau apa pun yang kaitannya dengan rasa.

No comments: